Cara Mengajar yang Efektif
Mengajar adalah suatu seni. Guru yang cakap mengajar dapat
merasakan bahwa mengajar di mana saja adalah suatu hal yang menggembirakan,
yang membuatnya melupakan kelelahan. Selain itu, guru juga dapat mempengaruhi
muridnya melalui kepribadiannya. Guru yang ingin murid-muridnya mengalami
kemajuan perlu mengadakan pengamatan dan penelitian terhadap teori dan praktek
mengajar sehingga ia dapat terus-menerus meningkatkan cara mengajar. Prinsip
dasar dalam cara mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat
meningkatkan cara mengajar mereka yaitu:
- Menguasai isi pengajaran
Guru harus mengetahui apa yang diajarkan. Jika guru sendiri
mengetahui dengan jelas inti pelajaran yang akan disampaikan, ia dapat
meyakinkan murid dengan wibawanya, sehingga murid percaya apa yang dikatakan
guru, bahkan merasa tertarik dalam pelajaran
- Mengetahui dengan Jelas Sasaran Pengajaran
Pengajaran yang jelas sasarannya membuat murid melihat
dengan jelas inti dari pokok pelajaran itu. Mereka dapat menangkap seluruh
liputan pelajaran, bahkan mengalami kemajuan dalam proses belajar. Empat ciri
khas yang harus diperhatikan pada saat memilih dan menuliskan sasaran
pengajaran:
- Inti dari sasaran harus disebutkan dengan jelas.
- Ungkapan penting dari sasaran harus bertitik tolak dari konsep murid.
- Sasaran harus meliputi hasil belajar.
- Hasil sasaran yang dapat dicapai.
Pengajaran yang tidak bersistem bagaikan sebuah lukisan
yang semrawut, tidak memberikan kesan yang jelas bagi orang lain. Tidak adanya
inti, tidak tersusun, tidak sistematis, akan sulit dipahami dan sulit diingat. Oleh sebab itu inti pengajaran
harus disusun dengan teratur dan sistematis.
- Banyak Gunakan Contoh Kehidupan
Kehidupan pada saat mengajar, seringlah
menggunakan contoh atau perumpamaan kehidupan sehari-hari atau yang pernah
dialami misalnya dalam perdagangan, rental, nilai uts / uas, dan lain
sebagainya. Contoh kehidupan adalah jembatan antara kebenaran ilmu dan dunia
nyata.
- Cakap Menggunakan Bentuk Cerita
Bentuk cerita tidak hanya
diutarakan dengan kata-kata, namun juga boleh dicoba dengan menambahkan
gerakan-gerakan, yang memperdalam kesan murid. Bentuk yang paling lazim adalah
menggunakan perumpamaan untuk menjelaskan kebenaran.
- Menggunakan Panca Indera Murid
Penggunaan bahan pengajaran
yang berbentuk audio visual berarti menggunakan panca indera murid.
Ensiklopedia adalah buku yang sering dipakai oleh para ilmuwan, namun di
dalamnya terdapat banyak penjelasan yang menggunakan gambar-gambar. Itu berarti
bahwa para ilmuwan pun perlu bantuan gambar untuk mengadakan penelitian. Para
ahli pernah mengadakan catatan statistik selama 15 bulan, sebagai hasilnya
mereka mendapatkan persentase dari isi pelajaran yang masih dapat diingat oleh
murid: bagi murid yang hanya tergantung pada indera pendengaran saja masih
dapat mengingat 28%, sedangkan bagi murid yang menggunakan indera pendengaran
ditambah dengan indra penglihatan dapat mengingat 78%.
- Melibatkan Murid dalam Pelajaran
Melibatkan murid dalam
pelajaran dapat menambah ingatan mereka, juga motivasi dan kegemaran mereka.
Cara itu dapat menghilangkan kesalahpahaman yang mungkin terjadi ditengah
pertukaran pikiran antara guru dan murid, selain mengurangi tingkah laku yang
mengacau. Misalnya: biarkan murid menggunakan kata-katanya sendiri untuk
menjelaskan argumentasi atau pendapatnya; biarlah murid menggali dan menemukan
hubungan antar konsep yang berbeda, biarlah murid bergerak sebentar. Jika murid
sibuk melibatkan diri dengan pelajaran, maka tidak ada peluang lagi untuk
mengacau atau membuat ulah.
- Menguasai Kejiwaan Murid
Guru yang ingin memberikan
pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid, tentu harus memahami perkembangan
jiwa murid pada setiap usia. Ia juga harus mengetahui dengan jelas kebutuhan
dan masalah pribadi mereka. Pengertian antara guru dan murid adalah syarat
utama untuk komunikasi timbal balik. Komunikasi yang baik dapat membuat
penyaluran pengetahuan menjadi lebih efektif.
- Gunakan Cara Mengajar yang Hidup
Sekalipun memiliki cara
mengajar yang paling baik, namun jika terus digunakan dengan tidak pernah
diubah, maka cara itu akan hilang kegunaannya dan membuat murid merasa jemu.
Cara yang terbaik adalah menggunakan cara mengajar yang bervariasi dan
fleksibel, untuk menambah kesegaran.
- Menjadikan Diri Sendiri sebagai Teladan
Masalah umum para guru adalah
dapat berbicara, namun tidak dapat melaksanakan. Pengajarannya ketat sekali,
namun kehidupannya sendiri banyak cacat cela. Cara mengajar yang efektif adalah
guru sendiri menjadikan diri sebagai teladan hidup untuk menyampaikan
kebenaran, dan itu merupakan cara yang paling berpengaruh. Kewibawaan seseorang
terletak pada keselarasan antara teori dan praktek. Jikalau guru dapat
menerapkan kebenaran yang diajarkan pada kehidupan pribadinya, maka ia pun
memiliki wibawa untuk mengajar.
The King Casino and Resort
BalasHapusThe king casino and resort 1등 사이트 features a modern casino with 출장안마 everything you'd expect from a classic Vegas Strip casino. The resort features 50000 ventureberg.com/ square feet of Funding: $250 millionDesign: wooricasinos.info Inspired DesignMasters: Ivan https://septcasino.com/review/merit-casino/ Karaszko